Sabtu, 22 Maret 2008

"benarkah kemenangan datang dari kegagalan?"

assalamualaikum

dalam pergaulan yang makin heboh daya saing terhadap segala aspek-aspek baik internal maupun eksternal. kita sebagai manusia dituntut dapat menguasainya.. mau tak mau tuntunya, keberhasilan memang kadang di ejawantahkan sebagai orientasi bagi setiap individu. tapi keberhasilan yang bagaimanakah yang patut di jadikan ujung orientasi kita sebagai makhluk tuhan yang paling sempurna ini?

sebagian orang berkata kemenangan atau keberhasilan datang dari sebuah kegagalan..
apakah benar?
dan bagaimanakah kriteria benar dalam hal ini?

kegagalan memang terbukti dalam sejarah dapat menjadi awal dari kemenangan besar.
bill gates merasakan kegagalan yang amat sangat sebelum ia berhasil dalam dunia IT saat ini..
thomas alfa edison ratusan kali ia gagal dalam percobaanya menemmukan bola lampu sampai akhirnya dunia diterangi oleh mahakarya2 dari tanganya.
begitulah sejarah berkata tentang kegagalan yang menimbulkan kemenangan yang membanggakan.

kemenangan atau keberhasilan secara rasional memang didapat tanpa adanya kegagalan, namun apakah dengan sikap non rasional kita yang menyebutkan bahwa kegagalanlah yang membuat kita berhasil itu kita dapat tetap mendapatkan keberhasilan?
jawaban kongkritnya adalan 'YA'

YA disini mengandung artian bahwa keberhasilan datang memang melalui kegagalan namun kita tak harus gagal untuk dapat berhasil

dan akan lebih bangga nya kita sebagai manusia yang belajar, mendapat keberhasilan setelah kegagalan itu terjadi, karna lewat kegagalan itu kita dapat belajar untuk langkah yang lebih baik lagi dan itulah yang dinamakan kemenangan sejati. bukankah dingin dan gelap sebelum pagi datang?
begitu pula keberhasilan akan datang dari pembelajaran kita terhadap satu kegagalan.

semoga kita dapat menemukan kemangan sejati.
amiin

wassalamualaikum...

Tidak ada komentar: